5 Ciri Kaos Sablon Terbaik

0
Rate this post

5 Ciri Kaos Sablon Terbaik – Kaos merupakan salah satu pakaian yang wajib kita punya. Sebenarnya tidak harus wajib, namun kaos merupakan pakaian yang nyaman sehingga lazim dipakai sehari-hari.

Kaos merupakan salah satu essential item yang tentunya ada dalam lemari Kamu. Mulai dari kaos oblong, kaos distro, kaos tangan panjang, dan kaos lainnya. Kaos juga punya banyak jenis dan variasi pada warna, bentuk, bahan, dan kualitasnya. Nah pada kesempatan ini Knitto Textiles akan membahas tentang kaos sablon. Yuk simak sama-sama untuk belajar lebih lagi tentang kaos sablon.

Apa itu Kaos Sablon?

Kaos sablon merupakan kaos yang memiliki gambar atau motif pada permukaan kainnya menggunakan teknik sablon. Teknik sablon merupakan teknik yang dapat mencetak gambar pada permukaan kain.

Teknik sablon sendiri ada dua macam yaitu sablon manual dan digital. Kaos sablon termasuk pakaian yang sering diminati oleh anak-anak hingga orang tua. Kaos sablon mudah dibuat, nyaman digunakan, dan menarik, maka dari itu banyak yang menjualnya sebagai kaos distro, kaos clothing line, kaos event, hingga kaos merchandise.

Apa Ciri Kaos Sablon Berkualitas?

Tak semua kaos sablon memiliki kualitas yang bagus. Sebenarnya harga pun tak menjamin, bisa saja kaos sablon yang dipatok harga mahal memiliki kualitas biasa saja dan kaos sablon yang dipatok harga murah memiliki kualitas bagus. Agar tidak salah pilih, diperlukan ketelitian dan pemahaman seputar kaos sablon. Berikut ini 5 ciri dari kaos sablon yang berkualitas.

  • Sablon Tidak Mudah Terkelupas

Sablon merupakan teknik mencetak gambar pada permukaan kain menggunakan cat khusus. Bila tak sesuai standar, bisa-bisa sablon mudah terkelupas. Akan sangat disayangkan bila sablon tersebut terkelupas.

Sablon yang memiliki kualitas buruk tentunya dapat terkelupas dengan mudah, bahkan saat tahap pencucian. Sablon yang bagus tentunya tak akan mudah terkelupas dan lebih tahan lama digunakan.

  • Permukaan Sablon Rapi dan Mulus

Perhatikan detail permukaan dari sablon kaos. Pastikan sablon pada kaos tersebut rata dan halus. Permukaan sablon yang bergelombang dan tidak rapi, tentu proses pembuatannya perlu dipertanyakan. Kaos sablon yang berkualitas tentunya harus memiliki hasil akhir yang presisi dan rapi 

  • Sablon Tidak Luntur

Sablon bisa luntur? Tentu saja sablon bisa luntur. Beberapa penyebab sablon luntur antara lain adalah kurang pasnya formula sablon. Bisa jadi cairan sablon kurang zat binder atau pengikat. Bisa juga dikarenakan oleh penggunaan tipe sablon yang kurang cocok atau kualitasnya buruk.

  • Jahitan Kaos Rapi

Sayang sekali bila kaos yang sudah memiliki desain yang bagus dan kualitas sablon yang baik namun kualitas kaosnya kurang bagus. Untuk menghasilkan kaos sablon yang terbaik tentunya harus memperhatikan kualitas kaosnya juga. Pastikan hal-hal mendetail seperti jahitan kaos sudah lulus quality control. Kaos yang memiliki jahitan rapi tentunya akan lebih awet juga.

  • Bahan Kaos Berkualitas

Bahan kaos yang menjadi material utama kaos sablon tentu penting. Percuma kan kalau sablonnya sudah bagus tapi kaosnya gerah, kurang dapat menyerap keringat dengan baik. Pilihlah material kaos yang berkualitas, seperti Cotton Combed, Cotton Bamboo, dan kain lainnya.

Rekomendasi Bahan Kaos Sablon

Untuk membuat kaos sablon yang bagus dan berkualitas, kita perlu untuk memperhatikan bahan utamanya juga yaitu bahan utama kaosnya. Berikut Minto beri 3 rekomendasi kain yang cocok dan patut dicoba untuk bahan kaos sablon.

5 Ciri Kaos Sablon Terbaik

  • Cotton Combed

Cotton Combed merupakan salah satu kain yang cocok dijadikan bahan kaos berkualitas. Bahan ini terbuat dari 100% serat katun yang berasal dari tumbuhan kapas dan berbentuk kain knit atau rajut.

Cotton Combed merupakan kain yang melewati proses penyisiran menggunakan mesin combing. Cotton Combed mampu menyerap keringat, sejuk saat dipakai, serta halus dan lembut.

5 Ciri Kaos Sablon Terbaik

  • Cotton Combed Enzyme

Cotton Combed Enzyme merupakan kain bahan kaos Cotton Combed yang melewati proses pencucian enzyme wash yang menggunakan protein alami (enzim) yang dapat terurai secara hayati saat proses pembuatannya.

Proses enzyme wash akan membuat kain lebih halus dan lembut, terlihat lebih licin dan mempunyai bulu yang lebih sedikit. Meskipun sekilas seperti Cotton Combed, Cotton Combed Enzyme memiliki bulu yang lebih sedikit dan memiliki handfeel lebih halus.

5 Ciri Kaos Sablon Terbaik

  • Cotton Bamboo

Cotton Bamboo merupakan kain bahan kaos premium  yang terbuat dari campuran 2 serat yaitu 30% serat katun dan 70% serat bambu. Cotton Bamboo merupakan kain berkualitas premium dan mempunyai sejumlah keunggulan. Keunggulannya meliputi teksturnya yang halus dan lembut, bahannya jatuh dan tidak mudah kusut, sejuk, mempunyai kandungan anti bakteri, anti bau dan anti jamur, serta terdapat anti sinar UV. 

Rekomendasi Sablon yang Berkualitas

  • Sablon Rubber

Sablon rubber merupakan salah satu sablon yang sering dipakai oleh produsen kaos sablon. Sablon rubber merupakan sablon berbahan dasar air atau water based.

Sablon rubber merupakan salah satu sablon yang memiliki harga yang cukup terjangkau. Sablon rubber banyak diminati karena proses perawatannya mudah.

Sablon plastisol menjadi teknik sablon yang sering dipakai oleh produsen kaos sablon juga. Sablon plastisol merupakan sablon yang terbuat dari PVC dan campuran plastik. Sablon Plastisol menjadi sablon favorit karena keawetan dari hasil akhirnya yang tidak mudah rusak.

  • Sablon DTG

Sablon DTG atau Direct to Garment adalah jenis sablon yang proses pembuatannya yang menggunakan mesin atau sudah tidak menggunakan tenaga manusia (manual). Sablon ini memiliki hasil akhir pigmen yang cerah dan resolusi yang tajam dan jernih.

Proses pembuatannya menggunakan komputer sehingga mudah dan lebih praktis. Kelebihan sablon ini adalah tersedia dalam variasi warna yang luas.

  • Sablon Polyflex

Sablon Polyflex merupakan sablon jenis digital yang menggunakan mesin press dalam pembuatannya. Sekilas, sablon ini terlihat seperti stiker. Stiker tersebut akan di press menggunakan mesin press agar menempel dengan permukaan kain dengan baik. Jenis sablon ini awet dan tidak mudah rusak.

Nah gimana info-info di atas? Semoga bisa menambah wawasan seputar sablon menyablon. Kamu bisa dapatkan bahan kaos untuk sablon berkualitas di Knitto Textile. Knitto Textile menawarkan berbagai pilihan bahan kaos yang berkualitas dan nyaman. Kunjungi website atau portal Knitto Textile untuk lihat pricelist dan katalog terupdate!

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur