5 Kemampuan Yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha

0
kemampuan yang harus dimiliki seorang wirausaha

BELI SEKARANG

Memiliki sebuah bisnis yang maju dan sukses merupakan impian semua orang terutama milenial saat ini. Mengerjakan bisnis apalagi berhubungan dengan hal yang disukai pasti akan terasa berbeda dan lebih menyenangkan untuk dijalani.

Tapi tahukah kamu wahai para wirausahawan muda, apa saja kemampuan yang harus dimiliki seorang wirausaha untuk bisa mencapai kesuksesan dalam berbisnis? Pada artikel kali ini kami akan mencoba membahas kemampuan yang harus dimiliki seorang wirausaha, jadi simak sampai selesai ya.

Apa itu wirausaha? Apa perbedaannya dengan pengusaha? 

Sebelum kita bahas lebih jauh, tentang kemampuan yang harus dimiliki seorang wirausaha, kita bahas dulu yuk pengertian wirausaha dan pengusaha.

Apa itu Wirausaha?

Wirausaha dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah entrepreneurship. Wirausaha adalah individu yang mempunyai kemampuan atau keberanian berusaha secara mandiri yang bisa mengolah segala sumber daya dan yang meliputi kemampuan mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi.

Wirausaha

Apa itu Pengusaha?

Berbeda dengan wirausaha, pengusaha adalah orang yang mengusahakan untuk menjalankan kegiatan jual-beli atau produksi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan juga menanggung resiko yang ada.

Jadi sudah jelas ya, wirausaha dan pengusaha ini merupakan dua hal yang berbeda.

Apa Tujuan Wirausaha?

Berikut ini beberapa tujuan utama dari wirausaha yang harus kamu tahu:

  • Mendorong semangat atau dapat memberikan sebuah pengaruh wirausaha kepada orang lain, sehingga semakin banyak wirausahawan muda
  • Menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan sebelum diolah, 
  • Bagi si pelaku usaha, maka akan membantu membangun karakteristik wirausaha yang baik dan berkualitas.
  • Menghasilkan banyak wirausaha yang berkualitas.
  • Membantu membangun kesejahteraan masyarakat, dan membuka banyak lapangan pekerjaan. 

5 Kemampuan Yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha

Lalu apa saja kemampuan yang harus dimiliki seorang wirausaha agar mendukung kelancaran proses berwirausaha? 

Menurut beberapa pendapat para ahli dari University of Illinois Center jurusan Economic and Financial Education menyebutkan beberapa kemampuan yang harus dimiliki para wiraswasta, seperti pada penjelasan di bawah ini.

1. Kemampuan Membuat Sebuah Perencanaan

Sebagai seorang wirausaha harus memiliki kemampuan membuat segala bentuk rencana bisnis untuk mencapai tujuan yang baik di berbagai bidang seperti keuangan, pemasaran, proses produksi, saat penjualan serta membuat perencanaan untuk tim juga.

2. Kemampuan Pemasaran

Tidak semua orang bisa memasarkan produk dengan baik, tetapi jika kamu sudah memilih jalan menjadi seorang wirausaha maka kamu harus bisa mempunyai kemampuan untuk memasarkan produk atau jasa yang kamu punya.

3. Kemampuan Berinovasi

Seorang wirausaha harus mempunyai kemampuan untuk berinovasi dan mempunyai kreativitas yang tinggi dalam menghasilkan ide baru yang dibutuhkan demi kemajuan suatu bisnis. Seorang wirausahawan harus lebih sering melakukan brainstorming bersama team yang ada untuk mendapatkan ide-ide menarik yang bisa digunakan untuk bisnis, agar bisa memperkaya sudut pandang.

4. Kemampuan untuk Mengenali Kebutuhan Sosial dan Pasar

Kemampuan yang satu ini sangat penting dan merupakan kemampuan yang harus dimiliki seorang wirausaha yaitu bisa mengenali dan memahami kebutuhan sosial juga pasar. Dengan kamu mempunyai kemampuan ini, kamu dapat mengetahui sebenarnya apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar saat ini, apa yang menjadi masalah yang banyak dihadapi oleh masyarakat, agar kamu bisa memenuhi kebutuhan dan memberikan solusi. Kuncinya adalah kamu harus mau melakukan analisa dan mengikuti trend yang ada pada masyarakat. Lakukan survey juga bisa membantu kamu untuk mengetahui dan memahami kebutuhan pasar dan juga sosial.

5. Kemampuan Memimpin

Pada saat kamu berwirausaha mungkin kamu memulai semuanya sendiri atau hanya dengan beberapa orang rekan kerja saja, meskipun hanya beberapa orang tetapi tetap saja kamu harus bisa memimpin dan juga mengarahkan mereka dengan baik. Kepemimpinan dan manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu kompetensi yang paling krusial untuk dimiliki oleh seorang wirausahawan. Kemampuan memimpin dan melakukan manajemen sumber daya manusia yang baik dibutuhkan dalam upaya menjaga stabilitas organisasi usaha. Stabilitas organisasi yang terjaga dengan baik akan menghasilkan dampak yang positif untuk proses mengembangkan usaha. Kamu dapat mempelajari bagaimana caranya menjadi seorang pemimpin yang baik dan benar dengan memperbanyak membaca buku, atau belajar dari mereka yang sudah berpengalaman dan berhasil dalam membangun bisnisnya.

Selain lima hal yang sudah kami sebutkan di atas, bagi kamu yang ingin menjadi seorang wirausaha juga harus siap untuk menghadapi sebuah kondisi yang mungkin tidak mudah terutama di saat awal-awal memulai usaha. Tidak ada usaha yang benar-benar bisa terbebas dari sebuah resiko di dalamnya, pasti setiap usaha atau bisnis mempunyai resiko dan kesulitannya tersendiri. Maka dari itu sebagai seorang wirausahawan kamu harus mempunyai kemampuan manajemen risiko dan juga kesabaran yang tinggi. Manajemen risiko disini meliputi kemampuan seorang wirausahawan dalam mengelola stress level organisasinya dan kemampuan mengambil keputusan berdasarkan pengalaman dan fakta-fakta di lapangan. Selain itu kamu juga harus bisa untuk mengidentifikasi resiko, menganalisis kerugian, serta meninjau apakah kebijakan yang diambil sudah tepat atau belum.

Memang tidak mudah menjadi seorang wirausahawan, tetapi dengan kamu mengetahui apa saja kemampuan yang harus dimiliki seorang wirausaha dan berusaha mempelajari kemampuan yang harus dimiliki seorang wirausaha, kami yakin kamu pasti bisa. Yang terpenting jangan pernah menyerah untuk mencoba dan jika kamu saat ini sedang mengalami kegagalan? Selalu ingat, kegagalan adalah awal mula dari sebuah kesuksesan dan jangan pernah lelah untuk mencoba terus ya, kembangkan dan ingat pelajari kemampuan yang harus dimiliki seorang wirausaha.

Baca Juga: Pentingnya Business Plan dalam Berbisnis

Jadi, apakah informasi ini semakin membuat kamu mantap untuk berwirausaha? Kami juga sangat mendukung para wirausahawan muda yang mau mulai berwirausaha dan bisa membuka banyak lapangan kerja untuk membantu sesama juga. 

Untuk kamu juga yang ingin memulai tetapi masih bingung bagaimana untuk memulainya, kamu bisa melakukan konsultasi dengan team Knitto terutama untuk berkonsultasi seputar bahan kaos. Kami dengan senang hati akan membantu kamu untuk memberikan saran atau rekomendasi seputar bahan yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Knitto ingin bisa terus membantu dan mendukung semua local business atau UMKM yang ada di Indonesia agar terus maju dan bisa bersaing dengan berbagai bisnis atau produk dari luar negeri. 

Karena Knitto adalah supplier bahan dengan kualitas terbaik yang menyediakan berbagai macam dengan pilihan warna yang sangat beragam, bahkan kami menyediakan bahan kaos Combed terbaik dengan 100 pilihan warna. Knitto sudah hadir di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung, Yogyakarta dan Semarang, dan sebentar lagi kami siap menyapa Knittopreneurs yang ada di kota Surabaya dan sekitarnya. 

Terima kasih sudah membaca artikel kami, semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat ya. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*