Bahan Cotton Combed dan Rekomendasi Penggunaannya

0

Begitu banyaknya pilihan bahan yang ada saat ini, memberikan banyak kemungkinan untuk Anda bereksperimen dengan berbagai jenis bahan kaos untuk bahan dasar kaos Anda. Tetapi ada satu bahan kaos yang sudah pasti jangan pernah Anda lewatkan untuk dicoba yaitu bahan . Bahan kaos ini sudah ada sejak lama dan bisa dikatakan sebagai bahan kaos pilihan utama untuk membuat kaos ataupun jenis pakaian lainnya.

adalah bahan dengan 100% serat cotton atau kapas, mengapa dinamakan Cotton Combed? Karena untuk menghasilkan Cotton Combed serat kapas diproses dengan sedemikian rupa, melalui proses carding atau penggarukan lalu serat kapas disisir menggunakan mesin combing yang mana nama kain ini diambil dari proses pembuatannya dan masih ada beberapa proses untuk membuang banyak limbah yang ada pada serat kapas, proses yang cukup memakan biaya namun dapat menghasilkan kain yang halus dan lembut yang kualitas kainnya sudah Anda rasakan sendiri. 

Kebanyakan pengguna baru dari bahan Cotton Combed biasanya hanya mengetahui jenis kain ini mempunyai satu jenis saja yaitu bahan Cotton Combed 30s, tetapi sebenarnya ada beberapa jenis bahan Combed yang ada di pasaran termasuk yang ada di Textiles. 

Jenis Bahan Cotton Combed

Kami mengatakan bahan Cotton Combed mempunyai beberapa jenis yang mana jenisnya ini bukan dibedakan dari kualitas, motif atau jenis lainnya. Tapi membicarakan tentang jenis bahan kaos dari Cotton Combed tentu berkaitan dengan jenis ketebalannya. 

Knitto Textiles saat ini menghadirkan 4 jenis bahan Cotton Combed yaitu Heavyweight Cotton Combed 16s, Cotton Combed 20s, Cotton Combed 24s dan Cotton Combed 30s. Apa perbedaan dari setiap masing-masing jenis Combed ini? Sekali lagi tidak ada perbedaan dari segi kualitas kainnya, yang membedakan hanya ketebalan kainnya saja. Perbedaan kualitas akan terjadi jika bahan baku kainnya berbeda contohnya antara Cotton Combed 30s dan Cotton Carded 30s, kedua kain ini tentu mempunyai kualitas yang sama meskipun ketebalan kainnya berbeda. Di bawah ini adalah penjelasan dari setiap jenis kain dan karakteristiknya.

Bahan Heavyweight Cotton Combed 16s

Heavyweight Cotton Combed 16s, kain ini masih termasuk ke jenis kain Cotton Combed karena jenis benang yang digunakan adalah Cotton Combed, namun memang untuk karakteristiknya sangat berbeda dengan kain Cotton Combed pada umumnya, kain ini sangat tebal bahkan lebih tebal dari kain Combed 20s. Namun meskipun tebal kain tetap nyaman digunakan dan tidak terasa panas karena perlu diingat bahan baku dari kain ini adalah kain Cotton Combed yang mana mempunyai daya serap yang baik dan terasa adem.

bahan cotton combed 16s

Apakah Heavyweight Cotton sama dengan Heavyweight Cotton Combed? Lalu mengapa disebut dengan Heavyweight Cotton Combed? Kedua kain ini berbeda, mengapa? Mari kita lihat dari bahan baku kedua jenis kain. Heavyweight Cotton tidak bisa diidentifikasi secara langsung menggunakan jenis Cotton apa, sedangkan bahan Heavyweight Cotton Combed sudah jelas bahan bakunya adalah Cotton Combed. Ini juga menjadi alasan mengapa Heavyweight Cotton yang ada di toko kami disebut dengan Heavyweight Cotton Combed karena jenis benang yang digunakan adalah Cotton Combed Premium.

Heavyweight Cotton Combed 16s

Gramasi: 235-245 gsm

Lebar kain: 90” (Open finish)

Jenis Rajutan: Single Knit

Kain lebih tebal dari bahan Cotton Combed biasa namun tetap lembut, bahan sedikit lebih kaku.

Kegunaan kain: bahan khusus untuk membuat kaos oversized.

Bahan Cotton Combed 20s

Bahan Cotton Combed 20s biasanya selalu dianggap sebagai bahan kaos yang paling tebal, karena memang karakteristik dari kain ini cukup tebal tetapi meskipun kainnya tebal tidak menghilangkan kenyamanan dari kain ini karena bahan baku nya yang berkualitas. 

Cotton Combed 20s

Gramasi: 190-200 gsm

Lebar: 42”

Jenis Rajutan: Single Knit

Kain mempunyai karakteristik tebal tetapi tidak setebal kain Heavyweight Cotton Combed, kain tetap lembut dan nyaman digunakan.

Kegunaan kain: bahan dasar kaos, kaos lengan panjang atau baju muslim perempuan.

Bahan Cotton Combed 24s

Kami sering sekali menyebut bahan Cotton Combed 24s merupakan bahan yang ketebalannya sedang karena memang kain ini tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Kain Combed 24s juga sering dijadikan sebagai bahan alternatif dari

Cotton Combed 24s

Gramasi: 175-185 gsm

Lebar: 42”

Jenis Rajutan: Single Knit

Kain dengan ketebalan sedang, kain terasa lembut dan halus, adem.

Kegunaan: bahan dasar kaos, kaos lengan panjang, kaos sablon, celana anak, gendongan kaos, dress kaos

Bahan Cotton Combed 30s

Jika membahas bahan kaos Combed ini sepertinya sudah cukup sering dan sudah banyak sekali orang menggunakan jenis bahan ini. Bahan kaos ini sebenarnya tidak bisa disebut sebagai bahan kaos yang paling tipis karena jika ingin yang lebih tipis seharusnya Anda tidak menggunakan bahan Cotton Combed 30s tetapi jenis bahan lain seperti Combed 32s atau 40s. 

Bahan kaos ini bisa disebut sebagai standar bahan dasar kaos, dengan ketebalan yang pas dan karakteristik bahan yang juga baik. Yang membedakan antara jenis bahan Combed sebelumnya dengan selain ketebalannya yaitu dari segi harganya pun berbeda. Memang harga kain Cotton Combed 30s sedikit lebih mahal dibandingkan dengan yang lain. Meskipun harga kainnya lebih mahal tapi hasil potong yang Anda dapatkan lebih banyak sehingga dengan menggunakan bahan Cotton Combed 30s tetap akan menguntung kan Anda. 

Cotton Combed 30s

Gramasi: 140-150 gsm

Lebar: 42”

Jenis Rajutan: Single Knit

Kegunaan: bahan dasar kaos, kaos lengan panjang, kaos sablon dan tye dye, gendongan kaos, celana, dress kaos

Dari keempat jenis bahan kaos Combed ini mana yang lebih sering Anda gunakan? Jenis bahan manapun selama bahan tersebut merupakan bahan Cotton Combed maka kualitasnya akan tetap baik. Tapi ketika Anda menemukan jenis bahan kaos yang tidak mempunyai identitas sebaiknya lakukan pengecekan terhadap kain tersebut dengan cara di bakar atau dengan melakukan handfeel pada kainnya. Jika kain yang Anda bakar habis sampai jadi abu ada kemungkinan kain tersebut merupakan bahan Cotton tapi untuk lebih meyakinkan bahan cotton tersebut termasuk Cotton Combed atau Cotton Carded, coba lakukan handfeel dan perhatikan kainnya dengan seksama. 

Kain Combed permukaannya cenderung memiliki sangat sedikit bulu dan bintik-bintik putih dan membuat kain Combed terlihat lebih rata. Sedangkan kain Carded permukaannya masih mempunyai bulu yang lebih banyak dan masih terdapat bintik-bintik putih yang merupakan biji kapas atau kotoran kapas dan permukaan kainnya tidak rata yang membuat kain Carded kualitasnya kurang baik. 

Jadi dengan menggunakan kain Combed sebagai bahan baku atau bahan dasar untuk kaos Anda merupakan pilihan yang sudah sangat tepat, jangan lupa juga untuk gunakan bahan Cotton Combed dari karena selain kualitas Combed nya premium yang kami juga mempunyai banyak pilihan warna pada kain Cotton Combed 30s. Terima kasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : info@knitto.co.id

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here