4 Jenis Jenis Jahitan Kaos Terbaik Yang Harus Diketahui

1
4.6/5 - Vote count: 36 votes

4 Jenis Jenis Jahitan Kaos Terbaik Yang Harus Diketahui – Kaos adalah bahan pakaian sederhana yang sering kita jumpai sehari-hari. Sejak pertama kali dibuat pada tahun 1920, kaos telah berkembang menjadi pasar besar hampir diseluruh dunia. Kaos menjadi produk popular dari industri garmen yang bisa mencitrakan interest dan selera seseorang melalui sablon atau screen printing.

jenis jenis jahitan kaos
jenis jenis jahitan kaos

Kaos sablon biasanya menonjolkan slogan politik, humor, seni, olahraga bahkan foto rockstar atau kota wisata. Kaos juga bisa dijadikan alternatif untuk promosi produk ataupun event tertentu. Namun tahukah Anda, kaos sederhana pun memiliki berbagai jahitan. Simak ulasan kami berikut tentang jenis-jenis jahitan yang biasanya diaplikasikan di kaos.

Jenis Jenis Jahitan Obras

Jahit obras adalah jenis jahitan yang dihasilkan oleh mesin obras high speed. Fungsi mesin ini adalah untuk menggabungkan dua potongan menjadi satu, untuk kaos biasanya digunakan untuk menggabungkan rib dengan potongan badan kaos, potongan badan satu dengan yang lain dan juga potongan badan dengan potongan lengan.

Mesin obras menggunakan jenis benang 3, 4 dan 5 benang dan menggunakan 1 atau 2 jarum. Secara umum kaos-kaos distro biasanya menggunakan jenis jahit obras dengan benang 4 dan jarum 2.

4 Jenis Jenis Jahitan Kaos Terbaik Yang Harus Diketahui

Sumber: craftsy.com

 

Jenis Jenis Jahitan Overdeck

Jahit Overdeck adalah jenis jahitan yang dihasilkan oleh mesin overdeck high speed. Jahitan jenis ini biasanya diaplikasikan pada bagian lengan dan pinggiran bawah kaos. Mesin overdeck ini pun bisa dimodifikasi menjadi salah satu jahitan yang bernama jahit kumis. Untuk jahitan overdeck biasa menggunakan 3 benang dan 2 jarum sedangkan jahitan overdeck kumis menggunakan 5 benang dan 3 jarum.

4 Jenis Jenis Jahitan Kaos Terbaik Yang Harus Diketahui

Sumber: sew4home.com

Jenis Jenis Jahitan Rantai

Layaknya namanya, jahitan ini disebut jahit rantai karena pola yang dihasilkan berbentuk seperti rantai. Jahit rantai biasa diaplikasikan di bagian belakang leher dan pundak kaos. Pada awalnya, jenis jahitan ini hanya salah satu teknik jahitan yang mempermudah pengerjaan kaos, tapi untuk saat ini dijadikan salah satu acuan untuk pembuatan kaos yang berkualitas, karena hasilnya cukup rapi dengan pola unik. Pada jahitan rantai ini terdapat kain yang disebut bis yang berfungsi sebagai penutup jahitan obrasan pada pundak agar terlihat rapi. Jenis jahitan bis ini merupakan turunan dari jahit rantai.

4 Jenis Jenis Jahitan Kaos Terbaik Yang Harus Diketahui

Sumber: basteandgather.com

Jenis Jenis Jahitan Lurus

Jahit lurus biasanya digunakan untuk menjahit lurus. Jahitan ini jarang digunakan pada kaos standar distro tetapi digunakan untuk menumpuk jahitan obras di kaos partai dan biasanya digunakan untuk menjahit kemeja.

4 Jenis Jenis Jahitan Kaos Terbaik Yang Harus Diketahui

Sumber: theamericanclassic.org

Demikian ulasan kami tentang jenis-jenis jahitan yang terdapat pada kaos. Semoga bermanfaat. Jika Anda ingin mencari bahan kaos kualitas terbaik dengan harga bersaing, Anda bisa memesan di toko offline kami di Jalan Kebun Jukut No. 15, Bandung atau melalui toko online resmi kami di www.knitto.co.id dan melalui kontak yang tertera dibawah ini.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963
WA : 082129291192 | 081910607055 | 087722020009
Line : @knitto
Email : [email protected]