6 Kelebihan Sablon Transfer Paper Terbaik dan Kekurangannya

0
Rate this post

Dari semua jenis sablon, antara sablon manual dan digital dengan berbagai macam variasinya, apakah sablon transfer paper yang sering kamu gunakan?

Lalu jenis bahan apa yang sering kamu pakai untuk jenis sablon ini? Kami pernah mendapatkan pertanyaan, “Apakah sablon transfer paper bagus untuk digunakan pada kaos dengan bahan Cotton Combed?”

Untuk mengetahui jawabannya, mari simak artikel kami berikut ini ya.

Sablon Transfer Paper
Sablon Transfer Paper

Sablon Transfer Paper

Apa itu Sablon transfer paper? Sablon ini termasuk ke dalam jenis sablon digital yang mana desain gambar atau tulisan dicetak pada kertas transfer atau transfer paper sebagai alat pemindah gambar pada media cetak seperti kaos, atau jenis media cetak lainnya.

Terdapat beberapa jenis kertas yang bisa digunakan untuk mencetak sablon ini pada media cetaknya yang disesuaikan dengan warna kaos yang akan digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Sablon Transfer Paper

Kelebihan dari Sablon Transfer Paper

  • Sablon ini menggunakan alat dan bahan yang mudah didapatkan, proses pengerjaannya juga cukup mudah.
  • Bisa digunakan untuk semua warna kaos dengan warna terang maupun gelap.
  • Bisa mencetak desain dengan berbagai warna, dan dapat mencetak desain dengan tingkat kerumitan yang tinggi.
  • Proses pengerjaannya cepat.
  • Cocok untuk sablon kaos satuan.
  • Proses menempelkan gambar pada kaos, tidak selalu membutuhkan alat press, karena bisa juga menggunakan setrika rumahan

Kekurangan Sablon Transfer Paper

  • Tekstur dari sablon terasa sedikit kaku, karena gambar menempel di atas permukaan kaos atau kain bukan menyerap ke serat kainnya.
  • Sulit untuk mencetak desain bergradasi.
  • Perawatan kaos yang menggunakan jenis sablon ini harus hati-hati.
  • Jika kaos sudah dicuci sebanyak 20x ada kemungkinan gambar akan mengelupas atau pudar.

Jenis Bahan Yang Digunakan Untuk Sablon Transfer Paper

Dulu, sablon digunakan sebagai metode untuk melakukan pencetakan kertas pada dinding atau yang kita sebut wallpaper, sprei, dan beberapa jenis bahan lain, sampai akhirnya sablon pun merambah pada seperti kaos, poster, dan media cetak lainnya.

Berbicara soal kaos, beberapa bahan ini bisa kamu gunakan untuk mencetak sablon transfer paper, dan juga sekaligus menjadi jawaban dari pertanyaan yang sudah ditanyakan di atas.

  • Bahan Kaos Cotton Combed

Bahan kaos pertama yang bisa digunakan untuk sablon transfer paper adalah bahan kaos Cotton Combed. Kain ini dibuat dari 100% serat Cotton atau serat kapas, dan di Indonesia sendiri sepertinya bahan ini menjadi salah satu bahan yang paling banyak digunakan oleh produsen kaos, karena karakteristik dari kainnya juga memang sangat cocok untuk negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. 

Kainnya lembut dan halus, mempunyai permukaan kain yang rata dan nyaman digunakan. Selain itu daya serap kainnya juga bagus cocok untuk kamu yang memang senang beraktivitas di luar ruangan.

Dengan demikian sudah terjawab pertanyaannya ya jika kain Cotton Combed ini memang cocok dan bagus digunakan untuk sablon transfer paper.

Lalu apakah hanya kain Cotton Combed saja yang cocok untuk sablon transfer paper? Sebenarnya tidak hanya kain Cotton Combed saja, masih ada beberapa jenis bahan yang bisa kamu gunakan untuk mencetak gambar atau tulisan dengan metode sablon ini. Simak penjelasan kami tentang beberapa jenis bahan ini.

  • Cotton Bamboo

Tidak hanya bahan Cotton Combed saja, kamu juga bisa mengaplikasikan jenis sablon ini pada jenis kain lain seperti Cotton Bamboo salah satunya. Bahan kaos Cotton Bamboo yang tersedia di Knitto dibuat dari campuran 30% serat Cotton dan 70% serat Bamboo. Jenis bahan ini merupakan salah satu jenis kain premium yang biasanya kami rekomendasikan untuk pakaian anak-anak. Apalagi kain ini mengandung anti bakteri yang tentu baik untuk yang mempunyai kulit sensitif dan tidak bisa menggunakan sembarang kaos.

  • Cotton Modal

Tidak hanya berhenti pada kain Cotton Bamboo saja, jika kamu ingin menggunakan bahan kaos dengan kualitas premium lainnya mungkin kamu bisa mencoba bahan kaos Cotton Modal atau yang tersedia di Knitto yaitu TENCEL™ Modal blended with Cotton. Kain ini dibuatnya dari serat campuran yaitu 50% serat Cotton dan 50% serat TENCEL™ Modal. Apa keistimewaan dari kain TENCEL™ Modal blended with Cotton?

Kain ini benar-benar dibuat dari serat TENCEL™ Modal sehingga kualitasnya juga terjamin, Serat TENCEL ™ diproduksi oleh Perusahaan Lenzing dari Austria. Lenzing, merupakan perusahaan yang memproduksi serat viscose, serat modal, serat lyocell dan benang filamen yang digunakan untuk industri tekstil untuk pakaian. Banyak sekali keunggulan dari kain TENCEL™ Modal blended with Cotton ini, jadi kamu tidak akan menyesal jika menggunakan bahan kaos premium ini. 

Baca Juga: Mengenal Bahan TENCEL Modal Blended with Cotton Untuk Kaos Premium

  • CVC

Satu lagi jenis bahan kaos yang layak juga untuk kamu pakai pada sablon transfer paper yaitu kain Chief Value Cotton atau yang sering disebut kain CVC. bahan CVC memang dibuat dari serat semi-sintetis atau campuran serat Cotton dan serat Polyester, tapi tenang saja karena kain ini masih mempunyai kualitas yang baik apalagi kandungan serat Cotton nya yang masih lebih banyak dibandingkan dengan serat Polyesternya. Sehingga kain ini masih bisa menyerap keringat dengan baik dan terasa halus juga.

  • Cotton Combed Baby Terry

Tidak hanya pada bahan kaos saja, kamu bisa menggunakan sablon transfer paper juga pada jaket dan bahan yang bisa kamu gunakan adalah bahan jaket Cotton Combed Baby Terry. Bahan ini nyaman digunakan apalagi bahan dasarnya dari 100% serat Cotton Combed yang nyaman dan menjadi favorit banyak orang.

  • Satu lagi jenis bahan yang bisa digunakan untuk sablon transfer paper adalah bahan jaket Cotton Combed Fleece, yang sama-sama digunakan untuk membuat jaket. Komposisi pada kain ini sama-sama menggunakan bahan 100% serat Cotton Combed yang halus dan lembut, sangat nyaman saat digunakan dan tentu berkualitas premium.

Jadi bisa dikatakan sablon transfer paper memberikan banyak variasi pada jenis kain yang bisa digunakan sehingga, kamu juga bisa mencoba atau bereksperimen berbagai jenis kain untuk jenis sablon ini dan terbukti bukan hanya bahan Cotton Combed saja yang cocok untuk kamu gunakan pada jenis sablon ini. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur