Perbedaan Cotton Combed 30s dan 24s

0
5/5 - Vote count: 110 votes

Perbedaan Bahan Kaos Cotton Combed 24s dan Cotton Combed 30s –  Memilih jenis bahan kaos sebelum memulai produksi adalah bagian yang cukup penting, karena akan menentukan seperti apa kualitas produk Anda. Banyak jenis bahan kaos yang bisa Anda gunakan untuk membuat kaos termasuk Cotton Combed 30s dan 24s.

Kedua bahan ini bisa dibilang merupakan jenis bahan kaos yang sangat banyak dicari oleh para produsen kaos. Tapi sudahkah Anda mengetahui perbedaan dari kedua kain ini? 

Ciri-Ciri Bahan Cotton Combed 24s dan 30s

“Memangnya ada perbedaan pada kain Cotton Combed 30s dan 24s?” tentu ada perbedaan pada kedua kain ini dan setidaknya Anda harus memahaminya  agar pada saat memilih kain tidak tertukar.

Sebenarnya memang perbedaan dari kedua kain ini tidak terlalu banyak dan tidak terlalu signifikan tapi tetap harus Anda pahami. Berikut ini beberapa perbedaan Cotton Combed 30s dan 24s yang ada di toko kami yang bisa Anda ketahui melalui ciri-ciri kainnya

Ketebalan Kain

Ciri yang pertama yang bisa Anda kenali untuk mengetahui perbedaannya adalah ketebalan kainnya, dari nama kainnya saja sudah terlihat jelas sebenarnya. Cotton Combed 30s dan 24s, angka dibelakang S nya ini merupakan nomor benang yang digunakan pada kain tersebut dan S adalah single knit yang artinya kain ini dibuat menggunakan rajutan single knit.

Kain dengan nomor benang lebih kecil biasanya lebih tebal dibandingkan dengan kain yang bernomor benang lebih besar seperti Cotton Combed 30s dan 24s, Combed 30s lebih tipis dibandingkan dengan Combed 24s.

Jika Anda bertanya, kenapa kain dengan angka yang lebih kecil lebih tebal? Karena memang ukuran ketebalan pada kain itu tidak sama seperti ukuran pada benda lain seperti sepatu atau benda terukur lainnya.

Ukuran ketebalan pada kain memang terbalik, yang angka nya kecil mempunyai ketebalan yang lebih tebal sedangkan yang angka ketebalannya lebih kecil kainnya akan lebih tipis. 

Gramasi Kain

Karena ketebalan kainnya berbeda, maka gramasi yang dimiliki dari masing-masing kain pun akan berbeda. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu gramasi, gramasi adalah satuan ukuran berat kain dalam gram/meter persegi (m2). Gramasi setiap kain tergantung dari besar benang yang dipakai untuk merajut kain tersebut.

Adapun gramasi dari kain Cotton Combed 30s di toko kami adalah 140-150 gsm  dan gramasi kain untuk Bahan Cotton Combed 24s 175-185 gsm. Gsm adalah satuan dari gramasi atau gr/m².

Setiap bahan kaos yang mempunyai ketebalan kain 24s atau 30s mungkin tidak selalu sama gramasi nya, adapun bahan kaos yang mempunyai ketebalan kain 30s tapi gramasi kainnya 150-160 gsm, jadi tidak selalu gramasi kain 30s itu 140-150 gsm, semua tergantung kepada produsennya, begitu juga dengan kain 24s ya

Ketersediaan Warna

Selain gramasi dan ketebalan kainnya, di toko kami pun ada perbedaan pada ketersediaan warna kain Cotton Combed 30s dan 24s. Bahan kaos Combed 30s memang mempunyai koleksi warna yang lebih banyak dibandingkan dengan bahan kaos lainnya di toko kami, karena memang peminat dari bahan ini sangat banyak.

Kami menyediakan 50 jenis warna pada bahan kaos Cotton Combed 30s, sedangkan pada kain Cotton Combed 24s kami baru menyediakan sekitar 32 warna dan semua warna ini termasuk ke dalam beberapa kategori warna seperti Tua, Sedang, Muda, Putih dan Jet Black. 

combed 30s dan 24s

Jika dilihat dari perbedaan di atas, tidak terdapat perbedaan dari segi tekstur dan karakteristik ya? Memang benar, dari segi tekstur atau karakteristik kedua kain ini memang tidak ada perbedaan. Karena kedua nya tetap bahan kaos yang menggunakan bahan yang sama yaitu 100% serat cotton jadi seharusnya memang tidak ada perbedaan. 

Kekurangan & Kelebihan Cotton Combed 24s dan 30s

Pada setiap bahan kaos pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan begitu juga dengan bahan Cotton Combed 30s dan 24s, kedua bahan ini pun ada kekurangan dan kelebihannya. 

Kelebihan dan Kekurangan Cotton Combed 24s

Kelebihan dari bahan kaos Cotton Combed 24s adalah bahan ini ketebalannya berada di tengah-tengah jadi tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis jadi cocok digunakan untuk membuat pakaian muslim misalnya.

Meskipun agak tebal, daya serap bahan ini tetap bagus. Kekurangannya adalah hasil kaos yang didapatkan tidak terlalu banyak dan biasanya kain akan terasa sedikit lebih berat dari kain Combed 30s

Kelebihan dan Kekurangan Cotton Combed 30s

Jika membahas tentang kelebihan bahan ini sepertinya semua orang sudah tahu ya, tentu jika Anda ingin menggunakan bahan yang nyaman, adem, dingin, ringan kain Combed 30s adalah jawaban yang tepat.

Sebenarnya kedua bahan ini sangat cocok digunakan di iklim tropis seperti Indonesia, namun memang kain Combed 30s akan terasa lebih nyaman saat digunakan.

Selain itu hasil kaos yang didapatkan jika menggunakan bahan kaos 30s pun akan lebih banyak dibandingkan dengan hasil kaos dari bahan Combed 24s.

Apa kekurangan dari Combed 30s? Bahan combed terkadang terlalu tipis untuk digunakan membuat pakaian untuk wanita. 

Adapun kekurangan lain dari kedua bahan ini adalah bahan Cotton Combed dibuat dari bahan alami, maka dari itu bahan Cotton Combed cukup rentan terhadap jamur apabila disimpan ditempat yang lembab dalam jangka yang lama terutama jika Anda hanya menyimpan kainnya saja.

Selain itu pada saat mencuci kaos atau pakaian yang menggunakan bahan Cotton Combed jangan terlalu lama merendam kaos ini di dalam air karena kain akan cepat rusak apabila direndam terlalu lama

Cara merawat Bahan Combed 24s dan 30s

Agar tidak salah dalam perawatan kainnya, mungkin Anda bisa mengikuti saran kami untuk merawat pakaian dan kaos yang berbahan Cotton Combed 30s dan 24s seperti di bawah ini, karena sempat juga ada yang bertanya apakah perawatan bahan Cotton Combed 30s dan 24s itu berbeda? Jawabannya adalah sama saja, cara perawatannya sama tidak berbeda

Cara merawat kain Cotton Combed sebagai berikut:

  • Disarankan untuk mencuci kaos katun dengan manual menggunakan tangan atau dikucek
  • Pisahkan kaos dengan pakaian lain, terutama pisahkan kaos warna putih dengan kaos berwarna lainnya
  • Merendam kaos katun di air deterjen dengan waktu yang terlalu lama bisa menyebabkan  warna kain rusak, disarankan untuk merendam dengan waktu yang cukup sekitar 30 menit – 1 jam
  • Jemur atau keringkan di tempat teduh, hindari dari sinar matahari langsung. Cukup diangin-anginkan saja, kaos akan kering
  • Jika diperlukan untuk disetrika, maka gunakan setrika dengan suhu sekitar 180℃ jangan terlalu panas. Karena bisa merusak tekstur kaos terutama jika kaos bersablon

Dengan mengetahui perbedaan, kekurangan dan kelebihan sampai ke cara perawatan kainnya diharapkan Anda bisa memahami karakter kainnya agar bisa memilih kain dengan tepat untuk produksi kaos Anda. Terima kasih sudah membaca ulasan kami

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur